Sabtu, 29 September 2012

BLACKBERRY PLAYBOOK VERSUS IPAD (Alasan saya memilih Playbook dibanding Ipad)


Beberapa bulan yang lalu saya ingin membeli sebuah tablet. Awalnya saya ingin membeli Ipad, namun sebagai smart buyer tentu saja saya lakukan komparasi dengan produk lain sejenis. Walaupun dalam hati saya ingin sekali Ipad karena lebih kelihatan mewah dibandingkan produk lain. Dalam hati saya bilang "Wah kalau punya Ipad pasti dipikir orang kaya nih" hahaha.. Tetapi buat apa dipikir orang kaya toh nantinya kurang bermanfaat untuk aktivitas keseharian saya. Untuk itu saya cari alternatif tablet lain yang fit dengan kebutuhan saya. Kandidatnya adalah playbook dan galaxy tab disamping Ipad. Untuk galaxy tab tidak saya pilih karena bagi saya kurang handy kalau saya harus bawa handphone 7 inci kemana mana. Saya juga sudah punya handphone blackberry untuk SMS dan telepon, jadi sayang fungsi telepon dan sms galaxy tab jadi tidak terpakai nantinya. Kemudian saya bandingkan antara ipad dan playbook. Dan akhirnya saya jatuhkan pilihan saya ke playbook. Alasan saya memilih Blackberry Playbook dibanding Ipad adalah sebagai berikut.

1. Koneksi dengan Blackberry Smartphone
Mungkin kelebihan koneksi Playbook dengan Blackberry Smartphone menjadi tidak relevan jika Anda tidak memiliki Blackberry Smartphone. Tetapi jika Anda punya Blackberry Smartphone alias Hape BB dengan OS 5 ke atas, Playbook akan menjadi sangat berguna. BBM, kontak, email, catatan, dan kalender yang ada di Hape BB Anda dapat disinkronkan dengan Playbook, sehingga Anda dapat chating BBM lewat playbook.
Hape BB dan Playbook dihubungkan lewat bluetooth dengan cara pair lewat Blackberry Bridge. Koneksi BB Full Service pun dapat kita nikmati di Playbook jika sudah pair dengan Hape BB. Bagi saya kelebihan yang satu ini sangat membantu karena jika Hape BB saya sudah lowbat, saya tidak perlu lagi berdiri atau duduk di dekat colokan listrik. Saya bisa chating via BBM, compose email, browsing lewat playbook yang sudah saya Bridge dengan Hape BB saya yang sedang di charge tadi di tempat yang lebih nyaman.

2. Menghemat biaya langganan paket internet
Hape BB dan Playbook dapat berbagi koneksi dengan internet tanpa tambahan biaya. Jika Anda sudah berlangganan paket Full BIS maka Anda tidak perlu beli paket tambahan lainnya untuk koneksi Playbook. Dengan Blackberry Bridge kedua gadget ini bisa saling berbagi koneksi. Kalau Ipad, jelas saya harus beli paket internet tambahan untuk koneksi internetnya. Jadi biaya internet bulanan saya bisa bertambah besar.

3. Lebih Handy
Untuk Anda yang suka mobile, ukuran Playbook yang 7 inci menjadi lebih handy untuk dibawa kemana mana dibandingkan Ipad yang ukurannya 9,sekian inci. Mengetik juga lebih nyaman menggunakan Playbook karen ukurannya pas untuk digenggam kedua tangan. Ukuran Ipad yang besar membuat jari jadi tidak nyaman untuk mengetik. Bayangkan jika saya harus mengangkat ipad sambil mengetik dokumen. Pasti akan lebih sulit baik kondisi landscape ataupun potrait. Tangan juga akan cepat pegal.

4. Double Speaker dengan suara yang "Outstanding"
Speaker Playbook ada dua buah di sisi kanan dan kiri. Menurut saya kualitas audio kedua speaker ini luar biasa, suaranya keras dan tidak pecah. Posisi speaker juga ada di sebelah depan, tidak seperti ipad yang speakernya cuma satu buah dan di bagian belakang pula. Suara speaker Ipad juga agak pecah jika disetel maximum volumenya. Karena saya senang mendengarkan musik lewat gadget maka menurut saya hal ini menjadi kelebihan playbook.

5. True Multitasking
Aplikasi di playbook berjalan sebagai window. Beberapa aplikasi dapat dijalankan sekaligus dan di-minimize berupa window window. Bahkan 10 aplikasi seperti game, musik, dokumen, market, BBM dan lain lain dapat dibuka sekaligus secara bersamaan. Berbeda dengan Ipad yang tidak true multitasking.

6. Support aplikasi Android
Dengan blackberry OS 2 aplikasi android bisa dipasang di Playbook. Sebelum diinstal ke Playbook aplikasi android yang berformat apk harus diconvert terlebih dahulu ke format bar. Ada beberapa cara untuk memformat aplikasi apk menjadi bar. Namun sekarang Anda tidak perlu susah susah untuk convert aplikasinya karena sudah banyak aplikasi android konvertan untuk playbook yang tersedia. Anda tinggal download saja di 4shared atau file webhosting lainnya.
Dengan demikian beberapa aplikasi social media seperti path, line dan sebagainya yang hanya tersedia untuk android dan ios sudah bisa dipasang di playbook. Ngga perlu beli iphone, ipad, ipod, atau android lagi untuk bisa nge-path.

7. Harga lebih terjangkau
Harga Playbook jauh dibawah ipad. Hal ini sudah jelas, Ipad wifi 16Gb harganya saat ini masih Rp4jutaan, sedangkan Playbook wifi 16Gb harganya hanya Rp2,5juta.

Mungkin penilaian saya di atas menjadi subjektif karena saya sudah punya Hape BB sebelumnya. Aplikasi seperti BBM sudah menjadi kebutuhan saya. Jika Anda memiliki kebutuhan yang berbeda dengan saya, mungkin Anda akan memilih galaxy tab atau Ipad.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar