Rabu, 04 April 2012

TIPS BULKING


Bulking adalah istilah binaraga untuk menambah masa otot tubuh. Ingat masa otot, bukan masa lemak. Banyak orang yang menjalankan program bulking malah menjadi “besar”, karena bukan hanya masa otot yang bertambah tetapi mereka juga mendapatkan bonus masa lemak sampai 25% dari masa otot mereka. Hasilnya bentuk badan jadi kelihatan seperti kodok bengkak dan pinggangpun menjadi lebar. Untuk menghindari hal tersebut selain latihan, diet dan cardio harus tetap menjadi bagian penting dari siklus bulking, gunanya untuk mendapatkan masa otot yang banyak tanpa mendapatkan bonus masa lemak yang banyak pula. Porsi makanan untuk program bulking kurang lebih 35% karbohidrat, 40% protein, 15% serat  dan 10% lemak sehat. Bulking yang baik adalah penambahan massa otot yang banyak (massive) namun tidak diikuti dengan penambahan lemak terlalu banyak. Proses bulking tidak berarti makan seenaknya, jadi tetap atur pola makan Anda untuk menambah kalori. Pilihlah lemak tak jenuh, karbohidrat komplek, makanan berserat, serta diet tinggi protein agar tubuh Anda tetap dalam proses anabolis (membentuk otot).

Kunci sukses dari program bulking adalah "eat big, train hard, sleep well". Ada juga istilah yang menyebutkan "To get BIG You have to Eat BIG, Train BIG, Sleep BIG". Berikut tips-tips bulking:
1. Menjalankan program bulking bukan berarti Anda dapat memakan segalanya. Jauhkan menu yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans karena akan menganggu keseimbangan metabolisme dan menghambat pertumbuhan otot. Lemak trans terdapat pada gorengan, biskuit, kue-kue dan pastry. Lemak jenuh yang tinggi terdapat pada daging babi. Konsumsilah ikan laut karena sarat dengan kandungan Omega-3 yang merupakan lemak baik yang diperlukan oleh tubuh.
2. Istirahatlah yang cukup, minimal 7 sampai 8 jam sehari. Istirahat sangat diperlukan karena otot tumbuh bukan saat Anda latihan tetapi saat Anda tidur dan istirahat.
3. Aturlah latihan yang intense. Latihan sebaiknya memakai repetisi 8-10 sampai fatigue (tidak mampu mengangkat lagi) pada repetisi terakhir. Sesuaikan beban Anda dengan kemampuan maksimal Anda untuk pertumbuhan otot maksimal.
4. Utamakan latihan otot-otot besar (dada, punggung, kaki, dan bahu) terlebih dahulu lalu latihan otot-otot kecil (bisep, trisep, perut, forearm, dan sebagainya)
5. Tetap lakukan latihan cardio maksimal 20 menit di akhir latihan untuk mencegah menumpuknya lemak di dalam tubuh.
6. Minumlah banyak air. Air mampu memperlancar metabolisme tubuh sehingga membantu mengangkut lemak agar tidak ditimbun dalam tubuh.
7. Cukupi asupan vitamin dan mineral harian. Vitamin dan mineral akan membantu tubuh menyerap makanan dengan baik sehingga makanan yang dikonsumsi akan diserap maksimal. Vitamin juga berguna meningkatkan daya tahan tubuh dan menjalankan fungsi normal tubuh.
8. Jika Anda berusia 30 tahun ke atas, tingkatkan kadar testosteron Anda untuk pertumbuhan otot maksimal dengan suplemen pendongkrak testosteron alami seperti TestostroGrow 2 HP dari Ultimate Nutrition.

1 komentar: