Kamis, 17 Februari 2011

BIAYA DAN CARA MENGURUS STNK YANG HILANG


Setiap orang pasti pernah merasakankehilangan barang yang mereka miliki. Entah karena dicuri, jatuh di jalan, lupamenyimpan dimana, ketinggalan di tempat umum dan alasan lainnya. Namanyamusibah tidak ada yang bisa mengelak. Saya pernah membantu adik saya yangkehilangan STNK motor nya. sudah dicar kemana-mana, bongkar kamar, tas, dompet,tanya sana tanya sini tapi STNK nya ga ketemu juga. Akhirnya terpaksa bantuindia ngurusin STNK nya yang hilang itu.
Berikut ini adalah prosedur danbirokrasi untuk mengurus STNK yang hilang dan membuat STNK yang baru :
1. Mengurus surat kehilangan darikepolisian di polsek setempat. Saat mengurus surat kehilangan di Polsekbiasanya kita antri dulu kemudian mencatat laporan di buku yang telahdisediakan Polsek. Biasanya kita diminta mengisi nomer urut, nama lengkap Anda,Alamat lengkap, jenis barang yang hilang, kapan barang tersebut hilang, dandimana barang tersebut hilang. Selain itu Anda juga harus membawa:
 a. KTP
 b. BPKP motor yang hilang
Untuk biayanya seharusnya tidak ada. Namun polisi seringkali minta dana administrasi seikhlasnya. Kalau di Yogyakarta biasanya Rp10.000sampai Rp15.000. Kalau di kota yang lebih besar mungkin lebih mahal lagi.

2. Proses selanjutnya adalah melakukan administrasi dikantor Polres, yaitu :
 a. Melakukan cekfisik kendaraan, yaitu menggosok nomer rangka dan nomer mesin kendaraan padakertas
 khusus darikepolisian. Kertas ini diperoleh di loket cek fisik sambil menunjukkan BPKBmotor dengan membayar  biaya Rp15.000.
 b. Selanjutnya mengambilnomer antrian gosok nomer (namun biasanya ga pake antri, tapi siapa yang lebihcepat minta digosokan sama aparat). Agar lebih cepat selesai sebaiknya Andamembawa obeng sendiri untuk membuka  bodimotor Anda sendiri, aparat tinggal menggosok nomernya. Setelah menggosok nomermesin dan nomer  rangka kertas khusustadi akan di tandatangani oleh aparat yang menggosok. Disini biasanya kitabayar lagi  sebesar Rp5.000 untuk aparattadi.
 c. Setelah itu kertaskhusus yang sudah ditandatangani aparat penggosok tadi kita serahkan ke loketcek fisik  untuk dilegalisir oleh petugasyang bersangkutan dengan menyertakan BPKB kendaraan tersebut.

3. Selanjutnya kita melakukan administrasi di Samsat denganmenyerahkan surat-surat ke loket pengurusan STNK hilang. Surat-surat yang harusdiserahkan yaitu:
 a. Fotocopy BPKB(Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan BPKB Asli.
 b. Fotocopy KTPPemilik dengan menyertakan KTP asli.
 c. Fotocopy STNK yanghilang.
 d. Surat Kehilanganyang asli atau legaliris.
 e. Surat cek fisikkendaraan yang telah dilegalisir.
Di Samsat kita akan dikenakan biayaadministrasi lagi sebesar Rp.200.000. Jadi total semua biaya pengurusan STNKyang hilang jadinya sebesar Rp235.000. Untuk memperoleh STNK yang baru biasanyaperlu waktu sampai seminggu. Cukup merepotkan.
Jika Anda tidak mau repot, Anda bisasaja menggunakan jasa koperasi yang ada di samsat, dengan harga yang lebihmahal Rp20.000 sampai Rp50.000. Namun untuk surat kehilangan dari Polsek danSurat cek fisik kendaraan, Anda tetap saja harus mengurusnya sendiri.

Tips:
1. Simpanlah surat-surat kendaraanbermotor Anda dengan baik. BPKP disimpan di lemari Anda. STNK di dompet yangada resletingnya jadi tidak bisa jatuh di jalan.
2. Periksalah isi dompet Anda setiapmalam sebelum Anda tidur, agar Anda segera tahu apa yang kurang atau hilangdari dompet Anda.
3. Jika terjadi kehilangan, janganpanik! Tanyalah kepada orang-orang terdekat Anda, periksalah kamar dan rumahAnda. Kemudian ingat kembali kapan terakhir kali Anda melihat barang yanghilang itu dan dimana.
4. Jika tidak ketemu juga, uruslahkembali STNK atau kartu atau surat penting yang hilang tersebut dengan segera.Jika STNK yang hilang, datanglah sepagi mungkin ke Polres untuk mengurus suratkehilangan, agar Anda tidak terjerat antri dan Anda tidak kesiangan di Polresdan Samsat. Jika kesingan biasanya Anda akan terjebak oleh jam makan siangaparat sehingga Anda harus menunggu lebih lama lagi. Ingat untuk Anda yangmenggunkan motor bebek atau mobil bawalah obeng sendiri saat cek fisik, agarAnda lebih cepat dilayani oleh aparat penggosok nomer mesin dan nomer rangka.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar