Selasa, 22 Februari 2011

LATIHAN UNTUK "BULKING UP" DAN "CUTTING UP" (update 23/02/11)

Kita mulaidengan kalimat “Saya melihat orang-orang di gym melakukan hal yang sama setiaphari” kata Jose Antonio, Ph.D., CSCS, seorang fisiologis dari UniversitasNebraska-Kearney. “Melakukan sesuatu hal yang periodenya diperpanjang adalahbuang-buang waktu.” Masalahnya adalah sekali Anda menyelesaikan latihan yangsama dengan beban yang sama dalam periode waktu sebulan atau dua bulan, tubuhAnda sudah membuat semua perubahan sesuai dengan latihan dan beban tersebut. Dengankata lain, otot Anda tidak akan berkembang lagi jika Anda tetap melakukan halsama.
                                                                                                            
Untuk memecahkan masalah tersebut dan membangun lebih banyak massa otot,Antonio menyarankan untuk melakukan siklus latihan dimulai dengan latihan untuk“bulking up” dan dilanjutkan dengan latihan untuk “cutting up”. Antonio mengorganisasikan siklus tersebut ke dalam tigaperiode, setiap periode berakhir dalam sebulan atau enam minggu.

Tubuh saat bulking
Periodepertama, lakukan latihan untuk pertumbuhan otot secara cepat. Lakukan latihankekuatan dengan beban yang semakin berat secara progressive. Artinya, padasebagian besar latihan lakukan dalam 3 set dan 6 sampai 10 repetisi denganbeban yang membuat otot Anda fatigue (sakit karena lelah) pada repetisiterakhir di setiap set.

Periodekedua, lakukan latihan tipe angkat beban dengan beban yang cukup berat. (Dalamsemua program angkat beban, hati-hati jangan terlalu overdo atau berlebihan,dan selalu minta bantuan teman saat akan menggunakan beban lepas yang berat).Sebelum melakukan latihan ini terlebih dahulu lakukan pemanasan selama 15 menitdengan latihan cardio dan stretching, lalu lakukan latihan seperti squats, deadlifts dan bench presses dalam 4 sampai 5 set dengan 3 sampai 5 repetisi.



Tubuh setelah cutting
Periodeketiga, lakukan “cutting up” dalam beberapa minggu dengan berat beban yanglebih ringan. Lakukan 3 set dengan 12 sampai 15 repetisi, dan lakukan supersets(pindah dari satu latihan ke latihan yang lain tanpa istirahat diantaranya) danlatihan dengan intensitas tinggi lainnya. Tambahkan latihan cardio dan menjagadiet lebih hati-hati. Pada periode ini tidak dilakukan lagi penambahan massaotot baru, tetapi untuk melihat apa yang sudah kita dapatkan selama periodepembangunan otot pada bulan-bulan sebelumnya.

Periodepertama dan kedua adalah masa “bulking up” yaitu periode saat menambah massaotot semaksimal mungkin. Periode ketiga adalah masa “cutting up” yaitu periodesaat mengurangi massa lemak pada tubuh yang ikut timbul saat bulking up, padaperiode ini tidak ada lagi latihan untuk menambah massa otot baru dan polamakannya atau diet untuk cutting juga berbeda dengan diet untuk bulking

2 komentar:

  1. ternyata selama ini salah persepsi..hehe..
    thx..

    Furniture Online

    BalasHapus
  2. BANTU PROSES DANA INSTAN KTA TANPA JAMIMAN DAN KARTU KREDIT LIMIT 10-200 JUTA, SYARAT HANYA FC KTP, SLIP GAJI MIN 3/6 JUTA, ATAU KARTU KREDIT LIMIT MIN 7 JUTA USIA 1 TAHUN, NPWP DAN COVER TABUNGAN, BUNGA KTA MULAI 0.99%-1.8% PROSES MAKSIMAL 14 HARI KERJA, MELAYANI NASABAH SELURUH INDONESIA, AMAN, TERJAMIN, UNTUK INFO HUB chairul sarto utomo tlp/sms whatshap 085600125176 BERKAS FC KTP, SLIP GAJI, NPWP, COVER TABUNGAN, KARTU KREDIT BISA DIKIRIM VIA EMAIL rooly88@gmail,com atau inbok di fb Chairul Ichsan Buana,. alamat kantor BANK ANZ GEDUNG PANDANARAN SEMARANG

    BalasHapus